Pesepakbola Dunia yang Pernah Bermain di Indonesia.

BANYAK pesepakbola dunia yang pernah bermain di Indonesia, bukan hanya Michael Essien saja yang baru dikontrak Persib Bandung. Gelombang pesepakbola top berkiprah di Indonesia berawal pada dekade 1990-an.

Saat itu klub Pelita Jaya mendatangkan mantan pesepakbola top asal Argentina, Mario Kempes. Di masa keemasannya pada pertengahan 1970-an, Kempes merupakan penyerang andal yang ditakuti para pemain belakang.

Terbukti pada Piala Dunia 1978, Kempes tidak hanya membawa Argentina menjadi juara, namun juga keluar sebagai top skor turnamen dengan koleksi enam gol. Selain Kempes, Pelita Jaya juga pernah mengontrak megabintang asal Kamerun, Roger Milla.

Milla merupakan pesepakbola yang membawa Kamerun tampil di Piala Dunia 1990 dan 1994. Loncat ke dekade 2000-an. Pada 2008, Persija Jakarta mendatangkan bek tengah asal Kamerun, Piere Njanka. Pemain yang membela Timnas Kamerun pada Piala Dunia 1998 itu sempat tampil di Liga Prancis bersama RC Strasbourg.

Setelah satu musim membela Persija, Njanka hengkang ke Arema dan sukses menjuarai Liga Super Indonesia 2009-2010. Mundur ke 2007, Persib Bandung juga pernah mendatangkan bomber asal Kamerun, Christian Bekamenga.

Bekamenga yang kini berusia 30 tahun sempat membela Timnas Kamerun U-23 di Olimpiade 2008. Selepas meninggalkan Persib pada 2008, Bekamenga pernah membela beberapa klub asal Prancis seperti Nantes, Troyes hingga kini membela klub asal Turki Balekirsispor Kulubu.(oz)